Pengumuman! Blog Program Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP) beralih ke Blog Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Provinsi Sumatera Selatan dengan alamat blog berikut: http://kotakusumsel.blogspot.co.id/ , tetap semangat menuju 100-0-100

Kamis, 08 Oktober 2015

Zakaryadi Koordinator LKM Berkepribadian Disiplin, Ringan Tangan, dan Pekerja Keras



P2KKP Prabumulih - Siang itu, tim fasilitator menemui Koordinator LKM Sepakat Jaya Kelurahan Cambai. Pria yang belum mencapai separuh abad umurnya tersebut baru saja pulang dari kebun karetnya. Tampak, sudah ada tamu dari RT yang telah menunggu beliau. Mereka telah berjanji untuk bertemu, ketua RT tersebut memberikan data rekapan hasil pendataan seluruh rumah di RT-nya.

 Zakaryadi memang baru 1 tahun menjabat menjadi koordinator. Tetapi kepribadiannya yang disiplin, ringan tangan, dan selalu bekerja keras dalam melakukan pekerjaannya, membantu di Program  membuat orang di dekatnya mengagumi beliau. 

 Teringat saat proses pemilihan tahun lalu, ketika Zakaryadi terpilih namun beliau menolak menjadi koordinator LKM dikarenakan menghormati Koordinator lama. Beliau hanya ingin menjadi pendukung dan anggota  LKM biasa saja. Anggota LKM terpilih lainnya kemudian menyemangati beliau untuk mencoba. Rasa haru meliputi ketika mendengar pidato pertamanya yang bergetar saat terpilih menjadi koordinator. Ada rasa tulus yang diungkapkan saat dengan serius ia mengatakan menolak jabatan tersebut. 


Zakaryadi memang tidak haus akan jabatan. Tawaran  untuk mencalonkan diri menjadi anggota legislatif di Prabumulih pun pernah ia tolak meski ia menduduki jabatan sebagai ketua partai politik di daerahnya dan aktif dalam organisasi masyarakat. Beliau juga tidak malu dan segan-segan mengganti bohlam di kantor kelurahan pada suatu kegiatan, ketika lampu bohlamnya mati tanpa menunggu  dan menyuruh orang lain untuk melakukannya. 


Menurut laki-laki yang biasa dipanggil Sakar ini, jabatan dan posisi tidak terlalu penting di matanya, yang penting adalah apa yang telah dilakukan dengan jabatan dan posisi tersebut. Beliau bukanlah orang yang terkenal dan sering wara-wiri segala kegiatan di Prabumulih. Namun di Cambai siapa yang tidak mengenal Zakaryadi. Menyalurkan dana BLM melalui kegiatan lingkungan dan sosial kepada warga bukan hal yang mudah. Namun kini manfaat yang dirasakan oleh masyarakat sangat besar. 

Pada masa transisi PNPM menjadi P2KKP lalu, meski tidak ada kejelasan program akan berlanjut atau tidak, ia tetap aktif dalam kegiatan. Pun ketika saat pendataan baseline, ia bersama rekannya Wanedi yang aktif dalam LKM membantu fasilitator mengkoordinasi dan mengumpulkan ketua RT/RW dalam pengisian, penyusunan, dan memonitoring sampai mana progressnya. "Berlanjut atau tidak programnya, saya wajib berbakti pada masyarakat hingga habis masa jabatan", tutur nya.

Ditulis Oleh:
Dian Afriani
Faskel Sosial TF 16 Korkot 2 Prabumulih
P2KKP OC-2 Sumatera Selatan

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Redaksi Blog P2KKP Provinsi Sumatera Selatan:

OC-02 Provinsi Sumatera Selatan : Jl.Bandar Agung No.1005 RT.13 RW.04 Kelurahan 20 Ilir/Sekip Bendung Kota Palembang 30127 Provinsi Sumatera Selatan Telp/fax: 0711-365385 email: oc2.sumsel@gmail.com

.

.