Pengumuman! Blog Program Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP) beralih ke Blog Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Provinsi Sumatera Selatan dengan alamat blog berikut: http://kotakusumsel.blogspot.co.id/ , tetap semangat menuju 100-0-100

Senin, 26 Oktober 2015

Sikap dalam Menghadapi Kegagalan Merupakan Pembeda dari Kesuksesan KSM PPMK

P2KKP OKI - PPMK (Peningkatan Penghidupan Masyarakat berbasis Komunitas) merupakan salah satu pengembangan konsep TRIDAYA (Sosial, Ekonomi dan Lingkungan) khususnya melalui peningkatan penghidupan warga miskin dan perempuan yang terhimpun dalam KSM (Kelompok Swadaya masyarakat). Strategi pelaksanaan PPMK melalui proses pendampingan dan fasilitasi dengan prinsip dasar pengembangan penghidupan masyarakat dan penguatan akses masyarakat miskin kepada 5 asset sumber penghidupan manusia, yakni: modal SDM (Human Capital), sumberdaya sosial (social capital), sumberdaya alam (natural capital), sumberdaya fisik (phisical capital), dan sumberdaya keuangan (financial capital). 

Dalam pengelolaan sumber penghidupan tersebut, terkait dengan meningkatnya kemampuan KSM dalam mengakses berbagai sumber modal penghidupan, pada tanggal 2-3 Juli 2015 LKM Harapan Maju Kelurahan Tanjung Rancing mengadakan kegiatan pelatihan vocational KSM PPMK.  Bertempat di SD Negeri Tanjung Rancing, pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 25 orang anggota KSM PPMK, ditambah beberapa Anggota LKM dan Aparat Kelurahan.
Tiga orang narasumber didatangkan pada saat pelatihan, adalah Nanda Rizky (PT. Bank Mandiri Syariah Cabang Kota Kayuagung), Firdaus, SP (nasabah binaan PT. Bank Mandiri Syariah yang usahanya dianggap telah cukup sukses), serta Solahudin, S.Sos (perwakilan dari dinas Pertanian Kota Kayuagung). Tujuan didatangkannya narasumber-narasumber ini, diharapkan agar para peserta terutama anggota KSM PPMK dapat merubah perilaku dalam membuka usaha, dan tentunya memperoleh pengalaman dan keterampilan baru. 
Selain untuk merubah perilaku masyarakat terutama yang tergabung dalam KSM PPMK, pelatihan ini mempunyai tujuan utama yaitu:
1. Meningkatnya jumlah KSM yang dapat melaksanakan kegiatan peningkatan penghidupan masyarakat berorientasi tridaya.
2. Paham manajemen keuangan mikro serta manajemen usaha.
3. KSM dan anggota KSM memiliki keterampilan usaha baru atau pengembangan kualitas dan kuantitas usaha, serta tersusunnya rencana usaha sebagai dasar pengembangan usaha.
4. Meningkatnya jumlah KSM yang dapat mengakses serta bekerjasama dengan berbagai pihak dalam berbagai program tridaya untuk peningkatan penghidupan masyarakat.

Selama pelatihan berlangsung, para peserta sangat antusias mengikuti rangkaian demi rangkaian acara. Ditambah lagi dengan adanya sesi tanya jawab antara peserta dan narasumber. Di akhir acara, panitia (anggota LKM) juga mengadakan pembagian doorprize bagi para peserta yang aktif  dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh narasumber selama mengikuti pelatihan. 

Adanya sinergisitas  Aparat Kelurahan dalam program diharapkan dapat meningkatkan kemajuan dari usaha produktif KSM PPMK dengan turut peduli mengontrol setiap perkembangan usahanya.“Terus bangkit dan jangan mudah menyerah dalam menghadapi kegagalan usaha, karena kegagalan adalah hal yang wajar dialami oleh setiap orang yang akan memulai atau telah menjalani suatu usaha. Akan tetapi sikap dalam menghadapi kegagalan tersebut merupakan pembeda dari kesuksesan yang akan diterima oleh para wirausaha”, ujar Firdaus, SP membagi kunci utama kesuksesan usahanya.

Ditulis Oleh:
Oki Novalinda, SE
Fasilitator Ekonomi TF-30 Korkot 5 Ogan Komering Ilir
P2KKP Provinsi Sumatera Selatan

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Redaksi Blog P2KKP Provinsi Sumatera Selatan:

OC-02 Provinsi Sumatera Selatan : Jl.Bandar Agung No.1005 RT.13 RW.04 Kelurahan 20 Ilir/Sekip Bendung Kota Palembang 30127 Provinsi Sumatera Selatan Telp/fax: 0711-365385 email: oc2.sumsel@gmail.com

.

.