Pengumuman! Blog Program Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP) beralih ke Blog Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Provinsi Sumatera Selatan dengan alamat blog berikut: http://kotakusumsel.blogspot.co.id/ , tetap semangat menuju 100-0-100

Senin, 10 November 2014

Indahnya Kebersamaan Tim Srikandi Kota Palembang

Bila kita mencintai pekerjaan kita, kita tidak akan pernah merasa bekerja sedetik pun. Sebuah cerita pendek dari Tim Srikandi Kota Palembang membuktikan betapa indah kebersamaan. 

Palembang - “Capeknyo uyyy, capek badan capek hati, capek pikiran...pffhhh..... Peh mari kita penyegaran dukin”.... Demikian celotehan ringan temanku gita seorang faskel tekhnik. Dan biasanya segera kami jawab, “dengan senang hati yuk mariiiii”... Bila dilihat sepintas lalu mungkin orang akan mengira bahwa kami hanya bisa bersenang senang, seperti layaknya para sosialita tingkat atas.... hemmm enaknya seandainya memang seperti itu. Tapi tet totttt... ternyata anda salah!!!. Kepenatan kami tim perempuan bukan karena di sebabkan masalah arisan atau masalah perhiasan yang tidak bisa kami miliki,seperti masalah klise wanita pada umumya, inilah keletihan dan kepenatan yang kami peroleh dengan rasa bangga dan bermartabat. Inilah tim 03 korkot 1 Palembang, tim yang sudah beberapa tahun ini selalu berisikan kaum hawa, dari semua bidang baik itu seniornya, faskel tekhniknya, faskel sosialnya berikut juga faskel ekonominya.

Pertemuan LKM di setting di luar ruangan, biar fresh!
Sudah beberapa kali berganti personil ditim 3 ini tapi semua pada akhirnya selalu diisi oleh kaum hawa di komposisinya. Terakhir kami berlima menempati posisi terhormat ini. Yah, mungkin posisi ini bukan apa apa bagi sebagian orang atau biasa saja bagi orang lain tapi bagi saya dan kawan kawan tim 3 inilah kebangaan teesendiri. Begitu banyak pahatan cerita suka dan duka selama perjalanan kami di tim 3 ini. Dan semuanya telah memberikan warna yang indah dalam cerita  kehidupan kami. Tawa, tangis dan kemarahan menjadi bumbu pelengkap dalam perjalanan pembentukan karakter dan kesolidan tim 3. Banyak karakter, sifat dan pola pikir yang harus di satukan dan hal itu bukanlah hal mudah dan bisa di atur dalam waktu yang singkat. Dan rasanya teori teori yang banyak di jumpai beberapa buku manajemen organisasi belum tentu bisa pas di aplikasikan dalam pembentukan kesolidan dalam tim ini. SF kami sri supartini,emak nyak kami, faskel ekonomi fitriyanti tomboy feminin. Faskel tekhnik si Gita yang kami curigai dia melakukan transgender, hehehe... habis jagoan banget kayak cowok. Dan Sutinah, cacat polio dikaki kanannya,tapi masih bisa jalan dan sumpahhh semangatnya itu patut di acungi jempol, dan saya mirani lestari tapi biasa dipanggil nunik, mahluk terlembut dan indah pelembut suasana sekaligus ikonnya tim 3....kwkwkwkw... bercanda kok.. yang jelas saya mencintai pekerjaan saya.


Sedikit cerita beberapa bulan yang lalu saat masih ada teman ku sesama faskel sosial yaitu dessy novasari, pada saat kami harus mendampingi LKM dalam pelatihan. Saat itu jadwal yang disepakati adalah malam hari, undangan jam tujuh malam tapi baru mulai acara jam delapan malam, kebayang kelarnya acara jam berapa? Dengan sedikit di paksakan kami selesaikan jam sebelas malam. Indahnya setelah acara tersebut saat kami dalam perjalanan pulang, cusss... ban motor kami pecahhhh.... arrrggghhhh.... malam malam pecah ban. Oh tidakkk. Hanya kami berdua, tapi allah tidak membiarkan kami sendiri pada saat itu lewatlah malaikat yang berwujud tukang tambal ban yang menolong... hee. Safe by mamang tambal ban. Terima kasih Ya allah.

Kejebak banjir saat pendampingan sudah biasa euyy... Yah itulah salah satu cerita kami. Saat akan pendampingan di daerah 16 ilir, rumah warga yang akan kami datangi berada di tengah tengah daerah yang tergenang banjir (pantesan rumah mereka berbentuk rumah panggung semua) hadewww.  Dengan tarikan nafas yang dalam sambil baca bismillah lanjuttttt.... gulung celana panjang, tapi yang terjadi kedebugggg seperti nangka atau karung jatuh... saya terpeleset. Huaa... basah, sakit dan malu bercampur jadi satu... pada saat bersamaan serentak terdengar tawa anak anak yang saat itu sedang kumpul mensyukuri cobaan dari allah berupa banjirrrrr.... grrrttttthhh.... cerita lucu hari itu ditutup dengan tawa bersama teman teman dan warga. Makasih ya allah untuk cerita yang unik hari ini. Case close. ;)

LKM bermasalah.... sudah biasa juga tuh. LKM atau salah satu aparat dengan atau tanpa sadar menggunakan dana BLM sering kali menjadi Pe Er kami. Dan itu bukan sekali dua kami menghadapinya. Bahkan seringkali kami juga yang dipersalahkan karena dianggap lalai dalam mendampingi mereka. Yah pasal satu faskel selalu salah , dan bila faskel di posisi yang benar kembali lagi ke pasal satu ...hemmm#tepok jidat... Jadi bahan ocehan LKM dan aparat juga sudah jadi konsumsi sehari hari. Terkadang ocehan mereka rasanya... Jlebbbb... sakit euyyy. Tapi kami harus bersabar demi penyelesaian yang tepat, walau terkadang saat tensi darah lagi tinggi suara kamipun harus naik beberapa oktaf .... hehehe....bahkan dengan sedikit airmata meluncur pun pernah kami alami. Indahnya kisah hidup seorang pemberdaya.

sekedar nongkrong, ngobrol,curhat, dan ketawa ketiwi
Pandangan meremehkan sering kali kami terima, seperti di saat kami akan melakukan survey kegiatan lingkungan. Keraguan mereka atas kemampuan tim kami khususnya faskel tekhnik yang seorang wanita seringkali dilontarkan oleh mereka secara langsung maupun dalam candaan seringkali kami terima. Tapi semua itu bisa terjawab dari kinerja yang kami lakukan. Tapi tidak sedikit juga pujian yang kami terima seperti, “untung be cewek cewek yang dateng jadi adem gawean nih, bangso wonk lanang yang dateng dem kelar idak gawean malah jadi ribut be gek” lebih kurang artinya mereka beruntung memiliki faskel faskel pendamping perempuan yang cantik cantik dan pinter...hahaha # ngarep.com :P

Beberapa hari yang lalu kami melakukan survey di kelurahan 20 ilir D1. Kelurahan tersebut merupakan wilayah baru yang di masukkan di tim 3. Sumpahhh... luas banget wilayah. Ada cerita lucu pada saat survey, karena di wilayah dampingan kami tersebut banyak warga menengah keatas dimana juga banyak warga nonpribumi yang notabene bisa disebut kaya kami tidak menyangka ada pengurus LKM yang masih gak punya kendaraan. Karena solidaritas dan kendaraan tidak cukup maka kami berjalan kaki semua mengelililingi lokasi yang akan dibangun. Pada saat kami akan melihat lokasi di salah satu RT yang rukonyo dan pagarnya tinggi tinggi, terdengar suara gonggongan anjing.... huaaaa.... emank dipikir kami mo nyolong, belum puas di gonggong eh anjingnya pake di lepasin juga. Ampuuunnnn deh ah, keterlaluan bener. Rasanya tuh sesuatu banget.... kapokkkk gak bakalan kami bangun tuh jalann udah pada kaya semua, jalannya buntu, pake dikejer anjing segala, kan kasihan temen kami, sutinah, mana jalan biasa aja susah apalagi pake lari .... terlalu...  

Mungkin tim kami bukanlah tim yang hebat tapi bagi kami inilah tim yang sudah menjadi bagian dari kehidupan kami. Candaan kami cerita kami adalah ruh dalam kehidupan pekerjaan yang sudah menjadi bagian dari hidup kami. Perbedaan menjadi indah seperti pelangi, batu batu kerikil perdebatan dan perselisihan kami menjadi pengerat dalam tim. BRAVO TIM 03.... terus maju tetap semangatttt.... Ganbatte euyyyy...!! (edited: Amibae)

 




Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Redaksi Blog P2KKP Provinsi Sumatera Selatan:

OC-02 Provinsi Sumatera Selatan : Jl.Bandar Agung No.1005 RT.13 RW.04 Kelurahan 20 Ilir/Sekip Bendung Kota Palembang 30127 Provinsi Sumatera Selatan Telp/fax: 0711-365385 email: oc2.sumsel@gmail.com

.

.