Pengumuman! Blog Program Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP) beralih ke Blog Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Provinsi Sumatera Selatan dengan alamat blog berikut: http://kotakusumsel.blogspot.co.id/ , tetap semangat menuju 100-0-100

Jumat, 22 Januari 2016

O & P Memperpanjang Manfaat Kegiatan Pemipaan Air Bersih Kelurahan Burung Dinang

Imron- Ketua O&P
P2KKP Pagaralam - Kelurahan Burung dinang adalah Kelurahan yang jauh dari pusat kota. Kehidupan di Kelurahan ini masih sederhana dan bersahaja serta dekat dengan alam. Walau begitu, masyarakat Kelurahan Burung Dinang tidak ingin hidup dalam ketertinggalan dan  berusaha keras untuk meningkatkan taraf hidup lebih layak dan tak tersentuh oleh kekumuhan. 

Salah satu perjuangan yang membanggakan adalah ketika Kelurahan Burung Dinang berhasil mendapatkan Program PLPBK (Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas) di Tahun 2013. 

Program PLPBK yang memberikan kucuran dana sebesar 1 Miliar Rupiah dipergunakan untuk menyelesaikan beberapa permasalahan di Kelurahan Burung Dinang ini. “Namun dana tersebut pastinya tak mampu untuk menyelesaikan seluruh permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat Burung Dinang, Karena itu, setelah melalui proses yang cukup lama ditetapkanlah 3 wilayah prioritas yang akan diselesaikan permasalahnnya yaitu RT.05, RT.08, RT.09”, kisah Imron Ketua O&P mengenang proses awal PLPBK. 


Dengan diprioritaskan 3 wilayah memunculkan sedikit polemik di masyarakat, Ternyata dana sebesar 1 Miliar tersebut juga tak cukup untuk menyelesaikan seluruh permasalahan lingkungan yang ada di 3 RT tersebut. Dari dokumen RTPLP (Rencana Tindak Penataan Lingkungan Permukiman) & RPLP (Rencana Penataan Lingkungan Permukiman) yang disusun, terlihat bahwa kebutuhan seluruh masyarakat Kelurahan Burung Dinang  di 3 wilayah prioritas baik dari kebutuhan infrastruktur,  ekonomi, serta sosial yang mencapai  angka 20 Miliar Rupiah.

Bak Penanpung air
setelah dilakukan O&P pipa air bersih semakin bertambah
Tapi dengan kembali memprioritaskan kegiatan berdasarkan kemendesakkan, maka Program PLPBK  di kelurahan Burung Dinang dapat di manfaatkan dengan baik di tahun 2014. Setelah dana selesai dimanfaatkan, masyarakat Burung Dinang menunjukkan rasa syukur serta terima kasih  dengan melakukan kegiatan Operasional Dan Pemeliharaan (O&P).

Seperti di RT.08 yang termasuk kawasan prioritas PLPBK, KSM Simpang Jaya dengan kegiatan Pemipaan Air Bersih dan mempunyai Motto “ Ulu Ayek Ilir Ayek” melaksanakan kegiatan O&P dengan cara menagihkan iuran sebesar Rp.50.000 per tahun setiap kepala Keluarga penerima manfaat air bersih tersebut. Penagihan iuran ini dilaksanakan dua kali pertahun, yaitu pada bulan Juli sampai dengan Oktober.

Kegiatan O&P ini digawangi oleh Pak Imron (ketua O&P) dan dibantu oleh Pak Sungadi (sekretaris dan bendaraha O&P). Sejak tahun 2014  melalui kegiatan O&P uang yang terkumpul sebesar Rp.3.200.000,- dan telah digunakan sebesar Rp. 1.500.000,- untuk penambahan pipa dan transportasi, sehingga cash on hand sebesar Rp. 1.700.000,-.

“Kami menyadari bahwa kegiatan O&P ini akan melanjutkan dan memperpanjang manfaat yang kami rasakan saat ini, air bersih merupakan sumber kehidupan masyarakat dengan O&P kami ingin memperpanjang kehidupan masyarakat kami yang sehat”, ujar Imron.

Dengan dimanfaatkannya PLPBK secara baik , maka di tahun 2015 Kelurahan Burung dinang  kembali mendapatkan Dana Top Up PLPBK sebesar 1 Miliar Rupiah.

Ditulis Oleh:
Usna Fahliza, ST
Fasilitator Teknik TF-18 
Korkot 3 kota Pagaralam
OC-02 P2KKP Provinsi Sumatera Selatan

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Redaksi Blog P2KKP Provinsi Sumatera Selatan:

OC-02 Provinsi Sumatera Selatan : Jl.Bandar Agung No.1005 RT.13 RW.04 Kelurahan 20 Ilir/Sekip Bendung Kota Palembang 30127 Provinsi Sumatera Selatan Telp/fax: 0711-365385 email: oc2.sumsel@gmail.com

.

.