Pengumuman! Blog Program Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP) beralih ke Blog Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Provinsi Sumatera Selatan dengan alamat blog berikut: http://kotakusumsel.blogspot.co.id/ , tetap semangat menuju 100-0-100

Selasa, 15 Desember 2015

Lilin-Lilin Putih Pembakar Semangat Warga Kelurahan Pasar Dua

P2KKP Prabumulih - Sudah bukan rahasia lagi, dilema dalam melakukan pemberdayaan dalam rangka mendapatkan partisipasi aktif dari masyarakat menjadi hal yang sulit di beberapa kelurahan dampingan P2KKP khususnya di Kota Prabumulih Provinsi Sumatera Selatan.

Tapi sungguh diluar dugaan yang terjadi di kelurahan Pasar Dua Kecamatan Prabumulih Utara kota Prabumulih, begitu banyak warga masyarakat yang berduyun-duyun mengikuti Pelatihan Masyarakat yang diselenggarakan oleh P2KKP (Program Peningkatan Kualitas Kawasan Permukiman). Kantor Lurah Pasar dua yang menjadi tempat pelatihan dipenuhi warga. Mereka begitu bersemangat padahal saat itu listrik lagi padam karena ada giliran pemadaman listrik di kecamatan Prabumulih Utara.


Dengan diterangi cahaya lilin warga yang datang malam itu sangat antusias mengikuti pelatihan masyarakat, termasuk para kaum perempuan. "Sepanjang sejarah saya bertugas mendampingi kelurahan di Prabumulih, malam itu sangat suprise karena baru kali ini pelatihan masyarakat ramai dihadiri ibu-ibu juga", jelas Wijayanti bersemangat. 

Pelatihan masyarakat yang dipenuhi lilin-lilin putih sebagai sumber cahaya tersebut berjalan sangat hikmat. Dikarenakan tidak memungkinkan untuk menggunakan alat bantu plano karena gelap, maka pelatihan tersebut kebanyakan menggunakan metode tanya jawab serta diskusi.

"Meski dalam gelap, peserta sangat antusias mendengarkan dan mencatat penjelasan kami, beberapa peserta mencurahkan pendapat dan sarannya kepada LKM Elang Putih agar lebih baik lagi membangun kebersamaan dan keperdulian masyarakat terhadap lingkungan", ujar Wijayanti menambahkan.

Semoga saja dengan adanya pelatihan masyarakat ini warga masyarakat menjadi lebih mengerti tentang kegiatan di Program Peningkatan Kualitas Kawasan Permukimn (P2KKP) karena nantinya program ini yang akan mereka jalani untuk tahun 2015-2019 ke depan.

Ditulis Oleh:
Wijayanti, SE
Fasilitator Sosial TF-13 Korkot 2 Prabumulih
P2KKP Provinsi Sumatera Selatan

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Redaksi Blog P2KKP Provinsi Sumatera Selatan:

OC-02 Provinsi Sumatera Selatan : Jl.Bandar Agung No.1005 RT.13 RW.04 Kelurahan 20 Ilir/Sekip Bendung Kota Palembang 30127 Provinsi Sumatera Selatan Telp/fax: 0711-365385 email: oc2.sumsel@gmail.com

.

.