Pengumuman! Blog Program Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP) beralih ke Blog Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Provinsi Sumatera Selatan dengan alamat blog berikut: http://kotakusumsel.blogspot.co.id/ , tetap semangat menuju 100-0-100

Senin, 28 September 2015

Kelurahan Candi Jaya Fokus Pada Akses Air Bersih


P2KKP Pagaralam - Tahun ini Program PNPM-MP berganti dengan Program P2KKP (Program Peningkatan Kualitas Kawasan Permukiman), Seluruh kelurahan yang ada di kota Pagaralam mendapatkan Program tersebut tak terkecuali Kelurahan Candi Jaya, Masyarakat menyambut antusias akan adanya Program P2KKP ini karena Fokus kegiatan nya mengacu pada program 100-0-100 yang artinya 100% akses air bersih,0% permukiman kumuh dan 100% akses sanitasi layak di masyarakat.

Air bersih merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang selama ini menjadi masalah di kelurahan Candi Jaya, karena berkendala terbatasnya dana untuk mengakses air bersih maka kebutuhan air bersih sangat di harapkan masyarakat dengan adanya P2KKP di kelurahan Candi Jaya.

LKM bersama pihak Kelurahan bekerjasama untuk mensukseskan program ini, di dahului dengan Sosialisasi di tingkat Kelurahan dan kemudian membentuk tim perencanaan partisipatif (tim PP). Setelah terbentuk kemudian tim PP melaksanakan pelatihan di tingkat masyarakat dan melaksanakan pendataan rumah tangga dan wilayah di tingkat basis atau RT.

Atas kerjasama dari semua unsur masyarakat, RT, RW dan pihak kelurahan maka dalam waktu yang singkat seluruh data dapat di selesaikan walaupun tetap ada halangan dan rintangan yg di hadapi dalam penggalian data tersebut seperti dalam pembuatan peta dan pengisian data kuisionernya.
  
Dengan adanya Baseline 100-0-100 ini diharapkan permasalahan yang ada dapat di identifikasi dan di carikan solusi untuk pemecahan masalahnya.besar harapan dari LKM semoga program ini dapat sukses seperti program terdahulu PNPM-MP, PPMK, P4IP yang sudah pernah di kelola oleh LKM Maju Bersama Kelurahan Candi Jaya Kecamatan Dempo Tengah kota Pagaralam.


ditulis oleh:
Dewi Erlita,SE 
Senior Fasilitator TF 17

Korkot 3 Pagaralam
 

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Redaksi Blog P2KKP Provinsi Sumatera Selatan:

OC-02 Provinsi Sumatera Selatan : Jl.Bandar Agung No.1005 RT.13 RW.04 Kelurahan 20 Ilir/Sekip Bendung Kota Palembang 30127 Provinsi Sumatera Selatan Telp/fax: 0711-365385 email: oc2.sumsel@gmail.com

.

.