Pengumuman! Blog Program Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP) beralih ke Blog Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Provinsi Sumatera Selatan dengan alamat blog berikut: http://kotakusumsel.blogspot.co.id/ , tetap semangat menuju 100-0-100

Rabu, 18 Februari 2015

Tantangan Untuk PNPM Mandiri Perkotaan Pada Pameran Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Kota Pagaralam


Stand PNPM Mandiri Perkotaan Kota Pagaralam
Pagaralam (Sumsel) - Bertempat di Balai Kota Pagaralam, Pemerintah kota Pagaralam melaksanakan gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) pada tanggal 16-17 Februari 2015. Kegiatan yang bertujuan agar para peserta dapat menggelar hasil inovasi produk yang ramah lingkungan. Kegiatan ini dikuti oleh beberapa pengurus Posyatek se kota Pagaralam, Kelompok Pengrajin anyaman dan olahan pangan se kota Pagaralam, Peserta inovasi SMA/SMK sekota Pagaralam dan tak mau ketinggalan PNPM Mandiri Perkotaan ikut serta dalam acara ini.

Pengunjung mengamati produk KSM yang dipamerkan
Gelar Karya Teknologi Tepat Guna yang dibuka langsung oleh Walikota Pagaralam  ibu Dr Hj. Ida Fitriati  ditujukan untuk peningkatan perekonomian masyarakat dengan mendorong inovasi dan menguasai teknologi. Diharapkan dengan begitu dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat sejalan dengan peran teknologi sebagai solusi untuk kesejahteraan masyarakat.

Selain mengunjungi stand peserta lainnya, Ibu Dr. Hj. Ida Fitriati juga mengunjungi stand PNPM Mandiri Perkotaan. Di stand ini dipamerkan berbagai aneka produk KSM, diantaranya produk inovasi berbahan rotan oleh KSM Dempo Indah Kelurahan Gunung Dempo  dimana tidak hanya rotannya yang terpakai untuk anyaman, tetapi akar serta pelepahnya pun dapat disulap menjadi kerajinan yang unik dan kreatif. Produk Inovasi Pangan oleh KSM Al Barokah Kelurahan Muara Siban pun menjadi produk unggulan, dimana Nugget yang biasanya terbuat dari daging ayam, sekarang dibuat dari bahan baku aneka sayur-sayuran yang mudah di dapat di kota Pagaralam.


Ibu Dr.Hj.Ida Fitriati (Walikota Pagaralam) memegang paving block buatan KSM Kelurahan Burung Dinang
Dalam kunjungannya di stand PNPM Mandiri Perkotaan Kota Pagaralam, Ibu Dr. Hj. Ida Fitriati sangat tertarik ke paving block buatan KSM Kelurahan Burung Dinang,”Kita kota Pagaralam sudah memiliki pembuatan produk paving block ini, tetapi sayangnya paving block buatan kota kita masih mudah pecah. Kalau saja kita sudah bisa membuat paving block yang tidak mudah pecah, pastinya Kota Pagaralam tidak perlu mendatangkan paving block dari kota lain”, ujar Ibu Walikota. Komentar ibu Dr. Hj. Ida Fitriati tersebut menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk  KSM Kelurahan Burung Dinang khususnya dan PNPM Mandiri Perkotaan pada umumnya untuk menciptakan paving block dengan kualitas terbaik di kota Pagaralam. (By.Amibae)

Dokumentasi lainnya:
Nugget Sayur KSM Al Barokah Kelurahan Muara Siban
Perahu yang terbuat dari bambu dan pelepah bambu karya KSM Dempo Indah Kel.Gunung Dempo
Hiasan landak terbuat dari akar pohon bambu
Lampu hias produk KSM Karya Mandiri Kelurahan Bangun Rejo
Aneka Produk Pangan olahan beberapa KSM PNPM MPk Pagaralam
Contoh Paving Block buatan KSM Kelurahan Burung Dinang Kota Pagaralam

Aneka anyaman rotan KSM Melati Kelurahan Lubuk Buntak Kota Pagaralam
Bunga Cantik dari pelepah jagung KSM Kelurahan Padang Temu Kota Pagaralam

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Redaksi Blog P2KKP Provinsi Sumatera Selatan:

OC-02 Provinsi Sumatera Selatan : Jl.Bandar Agung No.1005 RT.13 RW.04 Kelurahan 20 Ilir/Sekip Bendung Kota Palembang 30127 Provinsi Sumatera Selatan Telp/fax: 0711-365385 email: oc2.sumsel@gmail.com

.

.