Pengumuman! Blog Program Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP) beralih ke Blog Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Provinsi Sumatera Selatan dengan alamat blog berikut: http://kotakusumsel.blogspot.co.id/ , tetap semangat menuju 100-0-100

Senin, 04 April 2016

Bolu Cupu KSM Cempaka, Makanan Unik Khas Kabupaten OKI yang Mempertahankan Pengelolaan Secara Tradisional

P2KKP OKI - Salah satu dampak positif yang muncul dan terjadi dalam pelaksanaan P2KKP Kayuagung OKI, adalah berjalannya program Ekonomi Bergulir yang dikemas dalam Program Nasional yang disebut PPMK (Program Peningkatan Penghidupan Masyarakat berbasis Komunitas), yang sudah berjalan sejak tahun 2012 dan untuk Kelurahan Paku sendiri baru berjalan pada tahun 2014.

Kelurahan Paku salah satu wilayah kegiatan PPMK dari 25 kelurahan/desa di kecamatan Kayuagung  yang sudah memiliki satu kegiatan masyarakat dari generasi dahulu yaitu produksi rumah tangga Bolu Cupu, yang bahan utamanya terdiri dari Telur (bebek/ayam), Gula dan Gandum.

Salah satu KSM Pengelola dan produksi Bolu Cupu adalah KSM Cempaka yang dikoordinir oleh Ibu Ningmas Kalung, yang merupakan warga penduduk tetap yang sudah lama berdomisili dan berusaha produksi bolu Cupu sejak sebelum program P2KKP (yang dulunya PNPM Mandiri Perkotaan) berjalan di Kayuagung.



Proses Pembuatan Bolu Cupu yang mempertahankan diaduk secara manual
Keanggotaan KSM Cempaka sendiri diikuti oleh 5 orang (termasuk Ningmas sebagai ketua) yang semuanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga yang kesehariannya lebih utama mengurus rumah tangga sampai dengan usaha membantu menambah penghasilan suami dalam memenuhi kebutuhan dasar rumah tangga mereka.

KSM Cempaka terdiri dari 5 orang anggota, yaitu:
1.Ningmas (Ketua KSM)
2.Nursifah (Sekretaris)
3.Siti (Bendahara)
4.Sakdiah (Anggota)
5.Yuniarti (Anggota)

Dalam Produksi bolu Cupu, Ningmas dan anggota pada dasarnya masih menerapkan teknologi standar produksi dan masih manual. Dimana dalam proses peracikan bahan dan adonan masih menggunakan tenaga manusia, seperti dalam mengaduk adonan (mengocok : istilah masyarakat) masih menggunakan tangan anggota KSM yang memang sudah ahli dan terampil dalam memainkan alat pengaduk / Pengocok Telur, gula dan gandum. Hal ini ternyata saat ditanya ke mereka, ternyata ada hal unik yang kita dapat.

Tekstur adonan yang berbeda diolah dengan manual
"Adonan yang dikocok manual dengan tangan sangat berbeda dengan hasil adonan/kocokan dengan menggunakan mixer, karena  dengan manual tekstur adonan dan cita rasanya bolu cupu yang dihasilkan lebih enak, legit dan gurih", ujar Ningmas menjelaskan kenapa dia mempertahankan mengocok adonan dengan manual tanpa mixer.

adonan yang dicetak dan siap di bakar dalam open
Sejak tahun 2002 Ibu Ningmas memulai usahanya membuat dan produksi kecil-kecilan Bolu Cupu, yang menurutnya untuk di kecamatan Kayuagung Kota BOLU ini sangat khas dan hanya ada di kelurahan Paku. Hingga perjalanan waktu akhirnya usaha Bolu Cupu ini mengantarkan ibu Ningmas ke progam P2KKP. Di Program PPMK memberikan bantuan dana usaha produktif sebesar 5 juta maksimal per orang untuk 5 orang dalam kelompok KSM Cempakanya. Dalam Sehari Ningmas dan anggota dapat menghabiskan 30 kg Telur, 30 Kg Gandum dan 30 Kg Gula untuk membuat bolu Cupu.

Pangsa pasarnya cukup luas dan sudah menjangkau pelanggan dan peminat diluar kelurahan Paku, seperti misalnya dari Dinas Pendidikan Provinsi, Rumah Sakit Umum Palembang, KODIM Kabupaten OKI dan lain-lain, bahkan Wakil Gubernur Ishak Meiki pada saat kunjungan ke desa kelurahan di Kabupaten OKI tak melewatkan untuk mampir ke tempat usaha Ningmas dan membeli Bolu Cupu.

Profil KSM: 
Nama ksm: Cempaka 
Nama Produk: Bolu Cupu "Hikmah" Ning Mas Kalung (ada dua jenis: bahan telur ayam atau telur bebek) 
Alamat ksm: Kelurahan Paku Link 4 No.442 Kecamatan Kayu Agung Kabupaten Ogan Komering Ilir  - Sumatera Selatan 
Nama dan No kontak: Ning Mas Kalung (ketua KSM Cempaka) - 08377211577
Bolu Cupu KSM Cempaka
Bolu Cupu yang siap dipasarkan
Usaha Bolu Cupu KSM Cempaka yang diliput media cetak
Foto bersama dengan KSM Cempaka Usaha Bolu Kelurahan Paku

 
Ditulis Oleh :
Muhammad Faisal, SE.Ak
Askot Sosial Korkot 5 Kabupaten OKI
P2KKP OC-02 Provinsi Sumatera Selatan
Facebook: Prabu JS

Sumber dokumentasi: 

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Redaksi Blog P2KKP Provinsi Sumatera Selatan:

OC-02 Provinsi Sumatera Selatan : Jl.Bandar Agung No.1005 RT.13 RW.04 Kelurahan 20 Ilir/Sekip Bendung Kota Palembang 30127 Provinsi Sumatera Selatan Telp/fax: 0711-365385 email: oc2.sumsel@gmail.com

.

.