Pengumuman! Blog Program Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP) beralih ke Blog Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Provinsi Sumatera Selatan dengan alamat blog berikut: http://kotakusumsel.blogspot.co.id/ , tetap semangat menuju 100-0-100

Senin, 15 Februari 2016

PLPBK Menata Akses Jalan Lingkungan Kelurahan Sungai Lais

P2KKP Palembang - Kelurahan Sungai Lais yang terletak dekat dengan aliran sungai musi menyebabkan wilayah kelurahan yang sebagian besar kawasannya merupakan daerah rawa  sering tergenang air. Oleh sebab itu pembangunan akses jalan di daerah ini  adalah rata-rata pembuatan jalan bertiang, termasuk kegiatan Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) dengan Total dana 1 Miliar Rupiah yang telah sejak tahun 2007 dipersiapkan dan dikelola oleh LKM Anugerah Bersama Kelurahan Sungai Lais Kota Palembang.
Dengan visi “Terwujudnya lingkungan permukiman lestari, aman dan sehat melalui pengembangan kapasitas masyarakat Sungai Lais” LKM bersama TIPP dan TAPP menyusun Dokumen Rencana Tindak Penataan Lingkungan Permukiman (RTPLP) Kelurahan Sungai Lais.
“Kawasan Prioritas Perencanaan yang akan dibangun Program PLPBK ditentukan dari berbagai macam aspek, antara lain meliputi aspek ekonomi, sarana prasarana, perumahan dan Permukiman, sosial, lingkungan dan preferensi masyarakat. Alat dari pengumpulan data tersebut melalui penyebaran kuestioner dan metaplan, setelah itu baik dari hasil kuesioner dan metaplan akan dilakukan pembobotan”, ujar Iwan Rusnadi Koordinator LKM Anugrah Bersama Kelurahan Sungai Lais.
Dari hasil pembobotan, ditentukan bahwa hanya 3 (tiga) RT yang menjadi kawasan prioritas program PLPBK yaitu: RT.05, RT.08 dan RT.09. “Di wilayah prioritas PLPBK tersebut jalan yang ada tidak ada jalan yang lebarnya lebih dari 1,2 M, oleh sebab itu LKM dan TIPP sepakat untuk membangun jalan yang lebarnya 1,5 M dan 2 M. karena memang di daerah ini jalan yang ada sangat sempit dan memang kurang memadai untuk akses jalan lingkungan yang padat. LKM anugerah bersama berharap dengan pembangunan jalan yang ideal maka akses jalan yang ada akan mempermudah masyarakat untuk mengaksesnya, terutama pada saat berkendaraan motor”, jelas Edy Amin fasilitator teknik memaparkan.

Kegiatan Program PLPBK Kelurahan Sungai Lais Kota Palembang

Selain pembangunan Jalan yang sebagian besar merupakan jalan cor bertiang, terdapat juga pembangunan Jembatan di RT 09. “Sebelumnya memang sudah ada jembatan akan tetapi jembatan tersebut sudah rawan untuk dilewati karena tiangnya sudah ada yang roboh, sedangkan jembatan tersebut merupakan akses jalan masyarakat dan anak-anak sekolah untuk menuju ke sekolahan. Karena kalo jembatan tersebut tidak dibangun khawatir tidak ada lagi jembatan yang menghubungkan antara RT 08 dan RT 09 yang merupakan akses cepat masyarakat untuk menuju ke wilayah RT 09, terutama untuk anak-anak menuju ke sekolah”, ujar Iwan Rusnadi.

Sekarang masayarakat di wilayah RT 05,RT 08 dan RT 09 sudah dapat menikmati hasil dari Program PLPBK, ini tidak lepas dari kerja keras LKM, TIPP dan KSM serta masyarakat di kelurahan sei Lais kecamatan kalidoni.

Ditulis Oleh:
Yuda Martadinata, SE
Senior Fasilitator TF-12 Korkot 1 Palembang
P2KKP OC-02 Provinsi Sumatera Selatan
contact fb: Yuda Lvd

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Redaksi Blog P2KKP Provinsi Sumatera Selatan:

OC-02 Provinsi Sumatera Selatan : Jl.Bandar Agung No.1005 RT.13 RW.04 Kelurahan 20 Ilir/Sekip Bendung Kota Palembang 30127 Provinsi Sumatera Selatan Telp/fax: 0711-365385 email: oc2.sumsel@gmail.com

.

.