Pengumuman! Blog Program Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP) beralih ke Blog Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Provinsi Sumatera Selatan dengan alamat blog berikut: http://kotakusumsel.blogspot.co.id/ , tetap semangat menuju 100-0-100

Selasa, 17 Maret 2015

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat LKM Jaya Bersama Kelurahan Sekar Jaya


Plat Decker yang rusak
Baturaja - Pengelolaan Pengaduan Masyarakat (PPM) adalah suatu rangkaian kegiatan untuk menampung dan menindaklanjuti aduan dari masyarakat maupun pelaku PNPM MP yang berkaitan dengan pelaksanaan PNPM MP ditingkat lapang. PPM perlu ada di setiap wilayah pnpm dikarenakan sebagai wadah aspirasi masyarakat dan sebagai kontrol sosial terhadap pelaksanaan PNPM MP.   

LKM Jaya Bersama Kelurahan Sekar Jaya merupakan salah satu LKM  yang mendapat program PNPM MP juga membentuk unit pengelola pengaduan masyarakat. Salah satu bentuk pengaduan masyarakat adalah : pengaduan dibidang infrastruktur. Dimana salah satu KSM yang membangun Plat Decker di RT 12 RW 04 melaporkan bahwa bangunan plat decker tersebut patah dan amblas sebagai akibat dilalui dump truck yang tonasenya melebihi ketentuan kelas jalan.

Menindaklanjuti laporan tersebut, PK LKM Jaya Bersama beserta UPL dan Fasilitator tehnik segera turun kelapang dan mengecek kondisi kerusakan tersebut. Dari identifikasi di lapang terdapat kerusakan sangat parah sehingga hanya dapat diselesaikan dengan melakukan pembangunan ulang.  Dari volume yang dibangun sepanjang 6 M X 1,8 M terdapat kerusakan kurang lebih 50%nya. 
Dengan Mediasi PK LKM Jaya Bersama, KSM Sawit 2 selaku pelaksana dan Organisasi pemelihara (OP) di RT tersebut dan pemilik mobil dump truck melakukan musyawarah untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Dari musyawarah tersebut didapatlah kesepakatan bahwasanya pihak mobil dump truck bersedia mengganti kerusakan tersebut dan KSM secara bersama dengan OP melakukan gotong royong untuk mengerjakan pengecoran plat decker tersebut tersebut kembali. Dengan demikian permasalahan tersebut telah diselesaikan dengan baik.

Plat Decker yang sudah diperbaiki
Belajar dari permasalahan tersebut pengelolaan PPM di LKM Jaya Bersama telah berjalan dengan baik, karena disamping sebagai wadah kontrol sosial masyarakat PPM sekar jaya secara tidak langsung telah membawa penyadaran kritis masyarakat kearah penyelesaian masalah. (Edited: Amibae)

 










Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Redaksi Blog P2KKP Provinsi Sumatera Selatan:

OC-02 Provinsi Sumatera Selatan : Jl.Bandar Agung No.1005 RT.13 RW.04 Kelurahan 20 Ilir/Sekip Bendung Kota Palembang 30127 Provinsi Sumatera Selatan Telp/fax: 0711-365385 email: oc2.sumsel@gmail.com

.

.