Pengumuman! Blog Program Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP) beralih ke Blog Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Provinsi Sumatera Selatan dengan alamat blog berikut: http://kotakusumsel.blogspot.co.id/ , tetap semangat menuju 100-0-100

Senin, 19 Januari 2015

Tidak Pernah Patah Semangat, Usaha yang Dimulai dari Nol pun Bisa Berkembang

Penjualan Kerupuk Ibu Wita anggota KSM Dahlia yang  biasanya  hanya di Jual ke warung-warung sekitar wilayah Kelurahan Ulu Rurah selanjutnya berkembang ke wilayah seluruh Kota Pagaralam dan Kini meluas ke Wilayah Daerah Tajung Sakti Kota Lahat.

Aktifitas Ibu Wita setiap pagi
Pagaralam - Pagi itu pukul 08.00 Wib,  Ibu Wita wanita berumur 45 Tahun yang sukses membuat usaha kerupuk dengan semangat memulai aktifitasnya dari Membeli Ikan Giling, Menyiapkan Sagu dan Gandum serta bahan-bahan lainnya, sampai menyiapkan Peralatan untuk Membuat dan Menjemur Kerupuk.
 
Awal usahanya di mulai pada Tahun 2010 dengan Modal Awal Rp 1.000.000, usaha kerupuk ini ditekuni untuk membantu suami dalam menyelesaikan masalah ekonomi rumah tangga. Berbekal modal dari Tabungan membuat Ibu Wita tidak patah semangat untuk memulai usahanya. Jatuh bangun dalam usaha kerupuk telah di jalani Ibu Wita.
           
Pada Awal bulan November Tanggal 2 Tahun 2013 Ibu Wita bersama Ibu Meta Mardalena, Ibu Sutia Widayati, Ibu Misni serta Ibu Ernawati Membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Dahlia.
Pada Tanggal 5 November 2013 dan untuk pertama kalinya Mereka mendapat Dana Pinjaman Reguler sebesar Rp 1.000.000 dari UPK Ulu Rurah Kelurahan Ulu Rurah Kecamatan Kota Pagaralam Selatan Kota Pagaralam yang merupakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP). 


Pinjaman Tersebut digunakannya untuk menambah Modal dalam memperluas usahanya. Usaha Ibu Wita berkembang berkat dibantu oleh Suami Tercinta serta 2 (Dua) Orang Pegawai. Penjualan Kerupuk biasanya di Jual ke warung-warung sekitar wilayah Kelurahan Ulu Rurah selanjutnya berkembang ke wilayah seluruh Kota Pagaralam dan Kini meluas ke Wilayah Daerah Tajung Sakti Kota Lahat.

Ibu Wita dan Usaha Kerupuknya
Seiring dengan berkembangnya usaha Kerupuk yang Lancar, Ibu Wita mendapatkan Untung yang lebih besar bahkan Omzetnya sudah mencapai Rp Rp 800.000 perhari. Munurut Ibu Wita dalam Sehari bisa menjual 100 Bungkus Kemplang dengan harga Rp 8.000 Perbungkus. Bahkan pada Tanggal 15 Oktober 2014 TA PPMK Ibu Mardalena beserta Ass MK Kota Pagaralam Pak Arifin meninjau langsung usaha ibu Wita di rumahnya yang sederhana.

Pada Tanggal 8 Desember Ibu Wita Mendapatkan Dana Pinjaman PPMK Sebesar 5 Juta Rupiah. Dana Tersebut digunakannya untuk Mengembangkan Usaha Ujar Ibu Wita Saat Penyerahan Dana di Rumah UPK Ulu Rurah Wieka Wahyuni.

Foto Bersama Penyerahan dana PPMK
Pak Iskani, Suami dari Ibu Wita menjelaskan dengan usaha produksi kerupuk dari hasil Pinjaman Dana Bergulir PNPM-MP merasa terbantu. Berharap kedepannya Usaha ini bisa terus Berkembang dan Berharap Program ini akan terus ada di Kota Pagaralam.

 




 

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Redaksi Blog P2KKP Provinsi Sumatera Selatan:

OC-02 Provinsi Sumatera Selatan : Jl.Bandar Agung No.1005 RT.13 RW.04 Kelurahan 20 Ilir/Sekip Bendung Kota Palembang 30127 Provinsi Sumatera Selatan Telp/fax: 0711-365385 email: oc2.sumsel@gmail.com

.

.